Follow Please

Tuesday, May 10, 2011

Photoshop CS4 jam kedua

Dengan Photoshop, proses perbaikan warna dan pencahayaan pada foto dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Auto Correction:

  • Auto Color: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Auto Color/Shift+Ctrl+B.
  • Auto Contrast: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Auto Contrast/Alt+Shift+Ctrl+L.
  • Auto Tone: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Auto Tone/Shift+Ctrl+L.

Histogram & Level: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Adjustment> Levels/Ctrl+L. Atur shadow, midtones, dan highlights sesuai keinginan dan klik OK.

Curves: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Adjustment> Curves/Ctrl+M. Klik Auto Curves, jika kurang memuaskan ubah bentuk garis kurva dengan cara klik dan drag hingga mendapatkan pencahayaan dserta kecerahan warna yang diinginkan kemudian klik OK.

Brightness/Contrast: Buka file yang ingin dibuka, klik menu image> Adjustment> Brightness/Contrast. Atur cerah/gelapnya sesuai keinginan lalu klik OK.

Shadows/Highlights: Untuk memperbaiikin foto yang backgroundnya jelas namun objeknya sangat gelap atau sebaliknya, dapat disembangkan melalui Shadows dan Highlights ini. Caranya, buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Adjustment> Shadows/Highlights. Atur amount shadows dan amount highlights hingga mendapatkan hasil yang diingikan lalu klik OK. Jika masih menemukan masalah pencahayaan gambar yang lebih kompleks, tampilkan kembali kotak dialog Shadows/Highlights kemudian ptandai pilihan show more option untuk menampilkan setting tersebunyi.

Exposure: Buka file yang ingin dibuka, klik menu image> Adjustment> Exposure lalu atur nilai exposure hingga sesuai dengan yang kita inginkan. Dapat juga menyesuaikan nilai Offset dan Gamma Correction. Kemudian klik OK.

Hue/Saturation: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Adjustment> Hue/Saturation atau tekan Ctrl+U. Atur nilai hue dan saturation beserta lightnessnya hingga sesuai dengan yang diinginkan. Jika ingin mengubah nuansa warna di keseluruhan foto tandai opsi Colorize. Kemudian klik OK.

Color Balance: Buka file yang ingin dibuka, klik Image> Adjustment> Color Balance/Ctrl+B. Atur warna hingga seperti yang kita inginkan lalu klik OK.

Match Color: Buka file yang ingin digunakan untuk background dan buka file yang ingin digunakan untuk foto acuannya. Klik menu Image> Adjustment> Match Color. Pilih gambar untuk background sebagai source lalu aktifkan opsi neutralize. Atur nilai fade sesuai keinginan. Atur juga Color Intensity dan Luminance hingga sesuai keinginan kita lalu klik OK.

Black & White: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Adjustment> Black & White/Shift+Alt+Ctrl+B.Atur warna masing-masing channel sesuai keinginan. Jika merasa kurang yakin dapat mengklik tombol auto untuk mengatur setting Black & White secara otomatis. Kemudian klik OK.

Photo Filter: Buka file yang ingin dibuka, klik menu Image> Adjustment> Photo Filter. Atur filter dan nilai destiny sesuai keinginan. Kemudian klik OK.

Thanks all

No comments:

Post a Comment