Follow Please

Monday, March 29, 2010

komponen komputer

hai-hai.... ini gw dapet dari pelajaran komputer gw di sekolah....


1. Komponen-komponen Komputer

Komponen terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu:
a. Hadware (perangkat keras) merupakan peralatan fisik dari computer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hadware terdiri dari :
1. Input/ Output Device (I/O Device)
Terdiri dari perangkat masukkan dan keluaran, seperti keyboard dan printer. (lihat submenu periferal)
2. Storage Device (perngkat penyimpanan)
Media untuk menyimpan data seperti disket, hardisk, CD-DVD, Flashdisk, dan lain-lain
3. Monitor/Screen
Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga Visual Display Unit (VDU).
4. Casing Unit
Casing unit adalah tempat bagi semua peralatan computer, baik motherboard, card, peripheral lain, dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit disebut juga dnegan Syetem Unit.
5. Central Procesing Unit (CPU)
Cental Procesing Unit adalah bagian computer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis computer. Baik tidaknya suatu computer, jenis computer, harga computer ditentukan terutama oleh jenis prosesor. Semakin canggih prosesor, kemampuanya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
6. Sofware (perangkat lunak) merupakan program-program computer yang berguna untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus ysng dimengerti oleh computer. Sofware terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
1) Sistem Operasi
Sistem operasi seperti DOS, Unix, Novel, OS/2, Linux, Windaws adalah software yang berfungsi untuk mamngaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada computer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada system operasi, maka computer tak dapat difungsikan sama sekali.
2) Program Utility
Program utility seperti Norton Utility, Scandisk, dan PC Tools berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi. Misalnya, PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tetapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses format. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi, tapi dengan program bantuan hal ini dapat dilakukan.
3) Program Aplikasi
Program aplikasi seperti GL, MYOB, dan Payroll merupakan program yang program khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perysahaan. Maka, program ini hanya digunakan oleh bagiab keuangan saja, tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer computer sesuai dengan permintaan atau kebutuhan baik perorang, lembaga, maupun perusahaan guna keperluan internalnya.
4) Program Paket
Jenis seperti MS Word, MS Excel, dan Lotus 125 adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. MS Word, misalnya, dapat digunakan oleh departeman keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran.
5) Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman seperti Pascal, Fortran, Clipper, dan dBase merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program computer, baik itu sistem operasi, program paket, maupun tipe lainnya. Bahasa Pemrogram ini biasanya dibagi atas tiga tingkatan, yaitu :
a) Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman ini sangat sulit dimengerti karena instruksunya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya.
b) Middle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah di mana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari. Walaupun begitu, masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari store) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). Yang tergolong ke dalam bahasa ini adalah Assembler Fortran (Formula Translator).
c) High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinngi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dan dBase.

c. Brainware (User/Pengguna) adalah individu-individu yang terlibat langsung dalam pemakaian computer, seperti Analis Sistem, programmer, operator, user. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processinng), atau sering disebut dengan EDP Deratement, yang dikepalai oleh seorang Manajer EDP.

No comments:

Post a Comment